Selasa, 07 April 2015

Apa itu Turbocharger dan Supercharger ?

Saya akan membahas tentang Turbocharger dan supercharger ,,
oke langsung cekidot


Turbocharger adalah sebuah kompresor yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga mesin dengan meningkatkan massa oksigen yang memasuki mesin.
Kunci keuntungan dari mesin racikan Alfred Buchi ini adalah peningkatan tenaga yang cukup banyak pada mesin dengan hanya sedikit menambah berat.
Sebuah kerugian dalam mesin bensin adalah rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewati tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel yang juga menggunakan turbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini membuat mesin pesawat dengan turbocharge sangat menguntungkan dan merupakan awal pemikiran untuk pengembangan alat ini.
Komponen mesin ini memiliki tiga bagian penting: roda turbin, roda kompresor dan rumah as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar memanfaatkan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam massa yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000 putaran per menit maka pelumasan yang sangat baik dan optimal sangat diperlukan.

Selanjutnya adalah Supercharger yang awal'a ditemukan oleh Gotlieb Daimler pada tahun 1885. (juga dikenal dengan blower), adalah sebuah kompresor gas digunakan untuk memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam dengan menggunakan system turbin / dinamo. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Sebuah supercharger ditenagai secara mekanik oleh tali- atau rantai-penarik dari crankshaft mesin.
Supercharger mirip dengan turbocharger, tetapi turbocharger ditenagai oleh arus gas keluaran mesin yang mendorong turbin. Supercharger dapat menyerap sebanyak sepertiga tenaga crankshaft mesin dan dalam banyak aplikasi kurang efisien daripada turbocharger.

kesimpulannya....

Keunggulan Turbocharge adalah suntikan udara yang sangat besar sehinggga mampu mendongkrak tenaga tanpa batas pada putaran atas namun tidak unggul untuk putaran bawah. Sedangkan kontinuitas tenaga pada supercharged terbilang lebih merata pada putaran rendah dan menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar